Aplikasi Game Android Edukasi Kepahlawan Sultan Hasanuddin

Writer(s) : Ahmad Setiadi | Zulkifli Tahir | Elly Warni

Teknik Informatika | Teknik Informatika S1

PDF
Login required to download this file
Abstract

Pada proses pembelajaran, salah satu faktor yang menjadi asumsi pengajaran sejarah yang tidak dapat terserap dengan baik adalah kurangnya variasi dalam menentukan dan menerapkan model pembelajaran yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem atau game edukasi yang menjadi media pembelajaran alternatif yang menarik. Game ini menerapkan karakter- karakter berdasarkan sejarah Sultan Hasanuddin. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi adalah metode waterfall. Analisis dilakukan dengan metode kuisioner dimana responden terlebih dahulu menggunakan aplikasi game edukasi yang telah dibuat, kemudian diberikan beberapa pertanyaan tentang aplikasi game edukasi yang telah digunakan. Berdasarkan hasil kuisioner dapat dikatakan bahwa aplikasi game yang telah dibuat telah berhasil mengembangkan aplikasi pembelajaran alternatif yang menarik. Di dalam aplikasi ini mengimplementasikan kecerdasan buatan Fuzzy Logic Sugeno. Analisis dilakukan dengan mengimplementasikan algortima tersebut ke dalam matlab dan sistem Game. Hasil menunjukkan bahwa sistem berhasil menjalankan algortima dengan validasi uji sebesar 94% .Game tersebut telah berhasil menerapkan sistem lebih cerdas terhadap nilai inputan sehingga game tidak terlihat monoton.