SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN
TERHADAP TRANSAKSI PEMBELIAN
PRODUK E-COMMERCE
MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN
Writer(s) : Eugenius Wahyudiarto | Amil Ahmad Ilham | Anugrayani Bustamin
Teknik Informatika | Teknik Informatika S1
Saat ini semakin banyak produk bermunculan. Berbagai layanan yang
menawarkan produk yang mirip dan sama membuat pembeli sulit
memutuskan untuk membeli sebelum melihat ulasan dari pengguna lainnya.
Hal ini diperparah dengan tumbuhnya platform pemasaran (e-commerce)
yang berbeda-beda. Pengguna pun harus menghabiskan waktu untuk
memilih produk di masing-masing platform dengan banyak pertimbangan,
seperti melihat rating, harga, dan ulasan dari pembeli lainnya. Optimalisasi
pemilihan produk e-commerce dilakukan supaya pengguna tidak harus
menghabiskan waktu yang lama dengan membaca setiap ulasan ketika ingin
membeli produk. Dengan adanya sistem penilaian kepuasan pelanggan
terhadap transaksi pembelian produk e-commerce menggunakan analisis
sentimen diharapkan dapat memberikan penilaian menyeluruh terhadap
transaksi pembelian suatu produk dari ulasan yang diberikan. Sistem ini
memberikan 91% akurasi dan skor F1 sebesar 57% dalam memprediksi
sentimen menggunakan naive Bayes. Model naive Bayes kemudian
digunakan untuk mendapatkan skor kepuasan pelanggan terhadap suatu
produk.
Keyword(s): skor kepuasan pelanggan, csat, rekomendasi pembelian produk, analisis sentimen, naive Bayes
Year : 2017
Source Project Url: https://drive.google.com/drive/folders/1vL7NFALhzVdx_iHmaw7XjvWPbM6C5jlI?usp=sharing