SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP TRANSAKSI PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN

Writer(s) : Eugenius Wahyudiarto | Amil Ahmad Ilham | Anugrayani Bustamin

Teknik Informatika | Teknik Informatika S1

PDF
Login required to download this file
Abstract

Saat ini semakin banyak produk bermunculan. Berbagai layanan yang menawarkan produk yang mirip dan sama membuat pembeli sulit memutuskan untuk membeli sebelum melihat ulasan dari pengguna lainnya. Hal ini diperparah dengan tumbuhnya platform pemasaran (e-commerce) yang berbeda-beda. Pengguna pun harus menghabiskan waktu untuk memilih produk di masing-masing platform dengan banyak pertimbangan, seperti melihat rating, harga, dan ulasan dari pembeli lainnya. Optimalisasi pemilihan produk e-commerce dilakukan supaya pengguna tidak harus menghabiskan waktu yang lama dengan membaca setiap ulasan ketika ingin membeli produk. Dengan adanya sistem penilaian kepuasan pelanggan terhadap transaksi pembelian produk e-commerce menggunakan analisis sentimen diharapkan dapat memberikan penilaian menyeluruh terhadap transaksi pembelian suatu produk dari ulasan yang diberikan. Sistem ini memberikan 91% akurasi dan skor F1 sebesar 57% dalam memprediksi sentimen menggunakan naive Bayes. Model naive Bayes kemudian digunakan untuk mendapatkan skor kepuasan pelanggan terhadap suatu produk.