Aplikasi Chatbot Informasi Departemen Teknik Informatika Universitas Hasanuddin
Writer(s) : Beatrix Wanda | Ingrid Nurtanio | Anugrayani Bustamin
Teknik Informatika | Teknik Informatika S1
Chatbot adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk berkomunikasi dengan mesin. Komunikasi ini membantu user dalam mencari sebuah informasi. Informasi yang diberikan bermacam-macam, seperti tentang akademik. Chatbot yang dibangun ini dikhususkan untuk sebuah informasi yang melingkupi departemen Teknik Informatika Universitas Hasanuddin. Chatbot ini dibangun dengan menggunakan metode pembobotan TF -IDF. Metode Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF) merupakan metode pembobotan dalam bentuk integrasi antara term frequency dengan inverse document frequency. Term frequency yaitu jumlah kemunculan sebuah term pada sebuah dokumen. Inverse Document Frequency yaitu pengurangan dominasi term yang sering muncul di berbagai dokumen, dengan memperhitungkan kebalikan frekuensi dokumen yang mengandung suatu kata. Metode TF-IDF digunakan pada penelitian ini untuk memilih pertanyaan mana di database yang paling cocok dengan pertanyaan yang diinput oleh user dengan mencari bobot tertinggi. Dari hasil penelitian dilakukan pengujian akurasi jawaban sistem dengan teks inputan user dan didapatkan persentase keakuratan jawaban sebesar 93%. Dilakukan juga pengujian dari sisi user acceptance dan diperoleh hasil sebesar 94.4%.
Keyword(s): Informasi, Chatbot, hasil pengujian, user acceptance, TF–IDF
Year : 2015