APLIKASI E-LEARNING BAHASA BUGIS DENGAN FITUR PENERJEMAHAN AKSARA LONTARA MENGGUNAKAN ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT
Writer(s) : Kamtina Musyfirah | Ingrid Nurtanio | Anugrayani Bustamin
Teknik Informatika | Teknik Informatika S1
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang baru dalam bidang pendidikan, khususnya melalui pemanfaatan e-learning. E-learning dapat menjadi sarana yang efektif untuk melestarikan dan memperkuat identitas budaya serta bahasa daerah, seperti bahasa Bugis. Konsep ini dapat diimplementasikan dalam mata pelajaran Muatan Lokal bahasa daerah kelas VII. Aplikasi e-learning berbasis Android diharapkan dapat mempermudah para siswa dalam memanfaatkannya.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi e-learning untuk mata pelajaran muatan lokal bahasa Bugis yang dilengkapi dengan fitur penerjemahan aksara Lontara menggunakan Algoritma Knuth Morris Pratt (KMP). Selain itu, penelitian ini juga akan menguji kinerja aplikasi menggunakan metode black box, serta menganalisis tingkat akurasi fitur penerjemahan aksara Lontara.
Algoritma yang digunakan pada penelitian ini yaitu algoritma Knuth Morris Pratt yang diimplementasikan ke dalam fitur penerjemahan aksara Lontara. Output dari fitur penerjemahan ini adalah aksara latin dan bahasa Indonesia.
Aplikasi e-learning bahasa Bugis dengan fitur penerjemahan aksara Lontara dapat dijalankan di platform Android. Hasil pengujian fitur penerjemahan Aksara lontara algoritma KMP berhasil melakukan penerjemahan dalam kondisi standar, yaitu ketika kata tersebut terdapat dalam korpus. Namun, algoritma KMP terbatas dalam menangani perubahan dari kata yang ada dalam korpus, ketika kata tersebut tidak terdapat dalam korpus dan pada kasus dimana kata tersebut memiliki penulisan serupa namun arti yang berbeda. Waktu yang dibutuhkan algoritma KMP untuk melakukan penerjemahan bervariasi tergantung pada urutan korpus, panjang teks dan pengulangan huruf pada teks tersebut. Selanjutnya, dilakukan pengujian usability yang terdiri dari lima kategori, dengan hasil sebagai berikut: learnability 90%, efficiency 85%, errors 71%, memorability 75% dan satisfaction 92%. Secara keseluruhan, hasil pengujian usability mencapai 86%.
Keyword(s): Aplikasi E-learning, Knuth Morris Pratt, Aksara Lontara, Bahasa Bugis
Year : 2024